Breaking News

Thursday 28 July 2016

Automasi Industri Teh Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil teh terbesar ke-7 di dunia setelah Cina, India, Kenya, Srilanka, Turki, dan Vietnam. Jumlah produksi teh Indonesia tahun 2014 adalah 132.000 ton sedangkan Cina 2.096.000 ton teh jadi. Luas areal tanaman teh di Indonesia adalah 121.000 ton atau nomor 6 terbesar di dunia setelah Vietnam. Angka-angka statistik ini tidaklah menjadikan bisnis teh menjadi suatu bisnis yang menjanjikan. Ini terjadi karena tingginya biaya produksi sedangkan harga jual teh juga relatif rendah sehingga margin yang didapatkan juga sangat kecil. Wajar saja setiap tahun terjadi penurunan jumlah areal penghasil teh karena petani beralih ke tanaman muda. Ini berdampak pada jumlah produksi teh Indonesia yang semakin turun.
Selain harga jual yang sangat rendah permasalahan yang sangat mendalam lainnya yaitu tingginya biaya produksi teh di Indonesia. Untuk menurunkan biaya produksi ini dengan cara membuat sistem automasi pada industri teh. Dengan sistem automasi maka pekerjaan yang padat karya akan dilaksanakan oleh mesin yang berjalan otomatis dan mutu yang didapatkan akan seragam baik.

Untuk menjalankan mesin yang semula manual menjadi otomatis dan terkomputerisasi tentunya menggunakan dana yang sangat besar. Tingginya biaya ini membuat investasi tidak layak jika diterapkan di Pabrik Teh karena rendahnya margin teh itu sendiri. Maka saya membuat ide untuk membuat sistem otomatis dan komputerisasi secara swadaya.
Untuk membuat sistem berjalan otomatis saya menggunakan Arduino yang dikombinasikan dengan sensor dan alat-alat elektrik yang lain yang terhubung pada suatu sistem server komputer.
Arduino adalah sebuah board microcontroler yang berbasis pada IC tipe Atmega yang didalamnya terdapat pin input dan output yang dapat memprogram hardware seperti Sensor, Servo, LCD, relay dan lain-lain. Arduino menggunakan sistem dengan bahasa yang identik dengan bahasa C. Arduino awalnya dibangun untuk desainer dan seniman dengan keahlian teknis rendah, bahkan tanpa pengalaman pemrograman. Arduino memungkinkan mereka untuk membuat prototipe desain yang canggih dan beberapa karya seni interaktif yang menakjubkan. Jadi, seharusnya tidak mengejutkan bahwa langkah pertama dengan Arduino sangat mudah, bahkan lebih mudah lagi untuk orang-orang dengan latar belakang teknis yang kuat.

Dengan sistem auotmasi ini perusahaan-perusahaan teh akan lebih terfokus untuk membangun kualitas material dan pada branding produk sehingga harga jual teh akan meningkat.


No comments:

Post a Comment

Designed By