Breaking News

Thursday 7 May 2020

TERBUKTI : Windows 10 lebih RINGAN dibanding Windows 7


Tulisan ini saya share buat kalian yang masih ragu-ragu upgrade dari Windows 7 ke Windows 10. Gak akan nyesel dech kalau upgrade ke Windows 10. Ikuti petunjuk aman upgrade Windows 10 di bawah ini.

Berawal dari rencana ditutupnya dukungan Microsoft terhadap Windows 7 tanggal 14 Januari 2020, saya berniat untuk mengupgrade Notebook ke Windows 10. Dapat dipastikan Windows 7 sudah tidak ada lagi pembaruan, saya khawatir nantinya kalau ada bug yang bisa mencuri akun di notebook saya, karena hampir semua transaksi ada di notebook.
Sampai dengan pengumuman resmi dari microsoft, saya belum juga upgrade ke Windows 10, karena pasti akan banyak permasalahan yang akan saya alami. Permasalahan yang pasti timbul saat akan mengupgrade ke Windows 10 yaitu:
1. Akun Bisnis yangTersimpan di Browser
Saya biasanya menggunakan Chrome untuk default web browser saya dan Modzila Firefox sebagai secondary. Untuk Chrome ternyata semua akun sudah synchronize dengan akun saya, sehingga saya tidak perlu khawatir jika nanti mengembalikan data akun ini di Windows 10. Namun untuk akun Firefox ternyata tidak bisa export akun, saya coba syncronize juga gak bisa, terpaksa saya catet dech akunnya satu persatu. lumayan butuh waktu seharian juga. Bagi kalian yang ingin menggunakan browser pilih yang mudah untuk singkronisasi ini.

2. Directory C:// sudah Penuh
Saya harus menggunakan hardisk eksternal untuk membackup data-data di directori C. Data ini terutama yang tersimpan di My Document dan di directory Xampp harus diselamatkan. Saya ingin merasakan install ulang yang fresh.

3. Keraguan pada sistem operasi baru
Belajar dari kegagalan Windows Vista dan Windows 8, saya masih ragu menggunakan Windows 10. Rencana mau nunggu Windows seri berikutnya, namun sudah terlanjur menemukan bug di Windows 7 setelah tidak bisa diupgrade.

Karena sudah terlanjur "cinta" dengan Windows 7 saya tetap bertahan sampai April 2020. Sama seperti halnya saya bertahan dengan Windows XP dulu. Namun saya sudah merasakan keanehan di Windows 7 sejak awal 2020. Komputer beroperasi sangat berat sekali, padahal aplikasi yang biasa saya gunakan itu-itu saja. Yang aneh lagi menggunakan browser seperti chrome dan firefox sudah memakan resource prosesor dan memory hampir 100%. Kondisi ini membuat Laptop saya kurang produktif. 

Setelah melakukan kerjaan backup-backup, akhirnya saya lakukan install ulang ke Windows 10 Pro. dan ternyata Windows 10 ini membuat kinerja Notebook saya semakin kencang. Resource prosesor dan memori tidak terbebani sekali. Akhirnya saya ucapkan sayonara Windows 7.

No comments:

Post a Comment

Designed By