Breaking News

Friday 19 February 2016

Pengenalan Mikrokontroler Arduino

Arduino adalah sebuah board microcontroler yang berbasis pada IC tipe Atmega yang didalamnya terdapat pin input dan output yang dapat memprogram hardware seperti Sensor, Servo, LCD, relay dan lain-lain. Arduino menggunakan sistem dengan bahasa yang identik dengan bahasa C.

Arduino awalnya dibangun untuk desainer dan seniman dengan keahlian teknis rendah, bahkan tanpa pengalaman pemrograman. Arduino memungkinkan mereka untuk membuat prototipe desain yang canggih dan beberapa karya seni interaktif yang menakjubkan. Jadi, seharusnya tidak mengejutkan bahwa langkah pertama dengan Arduino sangat mudah, bahkan lebih mudah lagi untuk orang-orang dengan latar belakang teknis yang kuat.


Kemudahan membuat microcontroler dengan Arduino:
  1. Arduino sudah menjadi salah satu modul mikrokontroler yang cukup populer sejak beberapa tahun ini sehingga mudah mendapatkan tutorialnya di Internet.
  2. Sifatnya yang open source dan semakin banyak dukungan library gratis di internet adalah salah satu alasan mengapa Arduino bisa populer yang bisa ditemui di hampir setiap toko online elektronik.
  3. Bagi para pemula, modul ini sangat bagus untuk belajar pemrograman mikrokontroler, karena kita tidak perlu mengembangkan terlalu banyak di sisi hardware
  4. Kita tidak perlu membuat PCB, pasang komponen, solder dan belum lagi uji coba hardware, yang cukup memakan waktu.

Berikut ini Skematik Arduino (TM) UNO Rev3




Berikut ini project yang pernah dibuat dengan Arduino:
1. ROV
2. RC Airplane
3. Quadcopter

No comments:

Post a Comment

Designed By