Breaking News

Wednesday 24 February 2016

Keunggulan Layanan Blog dengan Blogspot.com

Di Internet kita bisa menemukan banyak sekali situs yang menawarkan layanan blog secara gratis. Selain blog-blog terkenal semacam WordPress, Blogger/Blogspot, Multiply, dan LiveJournal, ada juga layanan blog lokal yang tak kalah menariknya.

Di antara berbagai layanan tersebut ada satu yang menurut saya paling menarik, yaitu Blogspot. Selain gratis, ada beberapa fitur yang menjadikan Blogspot berbeda dengan layanan blog lainnya. Kalau seandainya blog wordpress saya (aguswibowo.wordpress.com) bisa ditransfer ke blogspot.com mungkin sudah dari dulu saya transfer. Saya merasa ada beberapa kekurangan pada WordPress yang dapat ditutupi oleh Blogger, yang sangat penting yaitu pada pemberian izin pemasangan script dalam blogspot, sedangkan dalam wordpress pemasangan script apapun dilarang. Selain itu pada tema, blogspot sangat banyak sekali temanya yang bisa diupload dalam bentuk .xml, sedangkan tema wordpress sangat sedikit sekali.

Berikut beberapa keunggulan blogspot.com lainnya:

  • Storage
Tidak ada batasan berapa maksimal posting yang bisa disimpan di blogspot. Selain itu kita bisa membuat banyak blog dengan satu account.

  • Bandwidth
Setahu saya blogspot tidak membatasi bandwidth dari masing-masing blog. Jadi kita tidak perlu khawatir jika blog yang kita miliki memiliki trafik atau jumlah kunjungannya sangat padat.

  • Template
Hal yang sangat menarik dari blogspot adalah kita bisa mengutak-atik tampilan template dengan leluasa. Kita tidak harus terikat dengan template yang disediakan.

Bahkan kita pun bisa mendesain sendiri template yang mau dipasang di blog.

  • Plugin/Widget
blogspot menyediakan banyak sekali plugin/widget siap pakai. Cara setupnya pun sangat mudah. Tak hanya itu, kita juga bisa membuat plugin sendiri dan dipasang di situ.

  • Iklan
Di blogspot kita bebas memasang iklan. Bisa dengan Google Adsense ataupun iklan lain. Tak heran jika blog dengan blogspot banyak yang berisi iklan dari Adsense.
  • Dimiliki oleh Google
Siapa yang tidak kenal dengan google.com. Situs penyedia blog blogspot.com adalah milik google.com. Dengan kepemilikan google sudah dipastikan umur blogspot akan sangat lama, dibandingkan dengan penyedia blog yang lainnya. Kita dapat mengetahui tutupnya multiply.com baru-baru ini yang sangat mengejutkan pengguna blogger.

No comments:

Post a Comment

Designed By